Kamis, 27 Januari 2011

Manfaat Nyata Expo Wirausaha Mandiri

Expo Wirausaha Mandiri 2011 telah selesai digelar minggu lalu. Event tahunan yang dihelat Bank Mandiri melalui program corporate social responsibility (CSR) Wirausaha Mandiri tersebut berlangsung selama tiga hari.

NAMUN, dampak event tersebut bagi para peserta tentu sangatpan-jang. Bukan hanya terengkuhnya jaringan yangluas, melainkan juga tergalinya potensi yang sebesar-besarnya guna mengembangkan usaha mereka di masa depan.

Tengok saja Surya Adhitama, pemenang untuk kategori Kreatif dan Terinova tif Penghargaan Wirausaha Mandiri. Sepulang dari expo ini, Surya, yang membuka usaha di bidang embedded system, akan memproduksi mesin sistem antre-an yang dia beri nama Ique-Inteli-gentqueuingSystem dalam jumlah lebih banyak guna memenuhi permintaan calon customer.


Kesepakatan dengan calon klien tersebut, menurut Surya, hanya satu dari sekian dampak riil yang langsung dia peroleh dari expo. "Manfaat event ini sangat bagus buat usaha saya. Semakin dikenal dan memperluas jaringan calon pembeli produk saya," ujar Surya yang berasal dari Insti tut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Menurut Surya, produknya, mesin sistem antrean Ique-Inteligent-queuing System, yang cukup banyak diminati calon customer, merupakan produk unggulan perusahaan berbasis teknologi yang didirikannya. CV Newtronic Solution, demikian nama perusahaan tersebut, berlokasi di Bandung, Jawa Barat. "Produk unggulan lainnya adalah Cctv Online dan Megatron atau billboard gambar bergerak," kata Surya, pemilik perusahaan beromzet Rp3 miliar per tahun ini.

Hal serupa dirasakan pula oleh Muhammad Asmui Kammuri, pemenang untuk kategori Diploma dan Mahasiswa bidang usaha boga. Peserta yang berasal dari Kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini membukausaha di bidang minuman bermerek Javapuccino. Dari event tersebut, produknya berhasil menarik minat ribuan orang calon mitra. "Yang sudah deal untuk bermitra ada 30 orang," kata Asmui yang saat ini telah memiliki 214 mitra bisnis yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia.

Muhammad Asmui Kamuri, selain menjual sendiri produk minuman Javapuccino, juga menjual secara franchise dengan investasi termurah Rpl2,5 juta. Jenis mi-numan merek Javapuccino meliputi blended coffee, bubble drink, dan tea blended."Expoinimembuat peluang usaha saya makin luas," kata Asmui.

Baik Surya Adhitama maupun Muhammad Asmui Kammuri, dua dari 13 pemenang penghargaan Wirausaha Mandiri, selain memperoleh manfaat langsung dari expo, mereka juga mengaku sangat bangga dan bersyukur terpilih sebagai pemenang penghargaan.

Ddgi mereKa, pengnargaan yang diterima dapat memacu semangat untuk terus berkarya.

Namun, yang jauh lebih penting dari penghargaan tersebut, menurut RidwanAbadi, pemenang lainnya yang berasal dari Kampus Universitas Brawijaya, Malang, adalah bagaimana terus berupaya menciptakan inovasi-inovasi terbaik bagi kemajuan usaha yang pada gilirannya menciptakan Ia-pangan pekerjaan bagi masyarakat. "Penghargaan bagi saya bukan target. Tapi, bagaimana usaha yang saya lakukan dapat menjadi inspirasi bagi kalangan mahasiswa dan anak muda lainnya untuk dapat mandiri," tutur Ridwan yang mengembangkan restoran fran-chise Batagor JepangTakasimura. Senada dengan para pemenang dan peserta pameran di atas, sejumlah pesohor yang hadir menjadi pengisi acara dalam kegiatan work-shop dan expo an tara lain pengusaha Sandiaga Uno, aktor Nicholas Saputra, desainer Oscar Lawalata, pengusaha di bidang kreatif Yoris Sebastian, dan musisi Addie MS. Addie NIS berpendapat bahwa rangkaian penyelenggaraan program Wi-rausaha Mandiri merupakan upaya yang harus didukung. Menurut dia, program ini memiliki manfaat yang nyata bagi pembentukan generasi muda yang mandiri dan mampu menciptakan inovasi demi kemaju-an perekonomian bangsa.

Sesuai Target

Apa yang diperoleh 180 lebih peserta expo sesuai sasaran yang ingin dicapai program Wirausaha Mandiri untuk mendukung program pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan. Tidak berlebihan jika Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan akan menjadikan Wirausaha Mandiri sebagai program unggulanyanglayakmendapatperhatian untuk terus dikembangkan.

Program Wirausaha Mandiri memang dirancang selaras dengan tujuan Bank Mandiri melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Hingga akhir 2010, Bank Mandiri telah menyalurkan Program Kemitraan sebesar Rp708,8 miliar dan program Bina Lingkungan sebesar Rp344,l miliar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar